Perbedaan Cake dan Pastry




1. Bahan Utama
Bahan yang digunakan dalam pembuatan cake dan pastry menjadi pembeda utama dari keduanya. Bahan yang diperlukan dalam pembuatan kue lebih beragam dan rumit dalam pengolahannya.
Cake memerlukan banyak bahan utama seperti tepung terigu, gula, telur, susu, dan mentega. Belum lagi dekorasi lainnya yang diperlukan sebagai topping cake. Sedangkan, bahan yang diperlukan dalam pembuatan pastry lebih sederhana, hanya tepung, air, dan mentega.

2. Bentuk dan Rasa
Perbedaan lain yang antara cake dan pastry adalah bentuk dan rasa dari keduanya. Cake memiliki variasi bentuk yang beragam, sementara pastry tidak terlalu banyak variasi, bentuknya pasti itu-itu saja.
Rasa cake juga lebih bervariasi, vanila, coklat, red velvet, cheese, green tea, milo, dan sebagainya. Namun, pastry memiliki rasa khas yang cenderung sama, karena itu biasanya pastry kurang menarik bagi anak-anak.

3. Dekorasi
Dekorasi menjadi faktor utama yang membuat produk makanan menjadi menarik bagi konsumen. Perlu dicatat bahwa cake dan pastry dihiasi secara berbeda, dan disajikan dalam warna yang berbeda. Cake dihias dengan warna atau dekorasi yang menarik perhatian konsumen.
Di sisi lain, pastry tidak memiliki dekorasi khusus. Pastry tidak memiliki variasi warna yang beragam, hanya warna coklat keemasan hasil pemanggangan pastry. Dekorasi pastry juga lebih minimal.

4. Nutrisi
Cake dan pastry memiliki komposisi nutrisi yang berbeda. Cake dianggap lebih bergizi karena mengandung lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sementara pastry lebih sedikit nutrisi. Hal tersebut dapat dilihat dari bahan dasar yang digunakan oleh keduanya.
Cake menggunakan tepung terigu, minyak, telur, susu, dan gula. Ini berarti bahwa cake lebih kaya nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan lemak. Sementara pastry hanya mengandung karbohidrat, gula, dan lemak, karena mereka dibuat dengan menggunakan tepung terigu, air, dan mentega.

5. Waktu Konsumsi
Meski bisa juga dijadikan cemilan sore, kue umumnya digunakan juga dalam berbagai perayaan seperti ulang tahun, pernikahan, dan acara perayaan lainnya. Selain itu, kue dimakan saat ada kesenangan dan dianggap mewah di banyak budaya. Di sisi lain, pastry umumnya dijadikan sebagai menu sarapan bersama susu, kopi, atau teh.

Komentar